Monday, 11 January 2016

Yang Disebut Manajer Manajemen Umum




SIAPA YANG DISEBUT MANAJER
Ø  Menjelaskan Apa perbedaan manajer dan karyawan non manajerial
Ø  Menguraikan bagaimana kita mengklasifikasikan manager dalam sebuah oragnisasi
APAKAH MANAJEMEN ITU
u  menjelaskan difinisi manajemen
u  menjelaskan mengapa efisiensi dan efektivitas merupakan hal yang penting bagi manajemen
APA KERJA MANAGER
q  Menguraikan empat fungsi manajemen
q  Menjelaskan peran peran manajmen yang digagas oleh Mintzberg
q  Menguraikan tiga keahlian utama manajemen menurut Katz dan jelaskan bagaimana pentingnya masing masing keahlian ini untuk masing masing jenjang manajemen
q  Membahas perubahan perubahan yang mempengaruhi pekerjaan seorang manager
q  Menjelaskan mengapa pelayanan pelanggan2 dan innovasi dipandang penting dalam pekerjaan
APAKAH ORGANISASI ITU
q  Menjelaskan karakteristik sebuah organisasi
q  Menguraikan bagaimana organisasi masa kini
MENGAPA KITA PERLU MEMPELAJARI MANAJEMEN
q  Membahas mengapa mempelajari ilmu manajemen merupakan hal yg penting
q  Menjelaskan universalitas konsep manajemen
q  Menguraikan berbagai imbalan dan tantangan yg dihadapi seorang manajer
SIAPAKAH YANG DISEBUT MANAGER
q  Seseorang yang melakukan koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain demi mencapai sasaran sasaran organisasi
MENGAPA MANAGER PENTING DI DALAM ORGANISASI
u  Organisasi masa kini sangat membutuhkan manajer untuk mengelola di era yg penuh ketidak pastian, kompleks dan kacau
u  Manager sangat menentukan
u  Yg menentukan produktivitas dan kesetiaan kary ditempat kerja bukan hanya :
ü  besarnya upah/gaji
ü  manfaat manfaat material
ü  kondisi lingkungan kerja,
ü  Melainkan KUALITAS HUB KARYAWAN DG ATASAN LANGSUNGNYA (DIRECT LINE MANAGER)
SIAPAKAH YG DISEBUT MANAJER & BAGAIMANA KERJA MANAJER
q  Seseorang yang melakukan koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain demi mencapai sasaran sasaran organisasi
q  Pekerjaan Manager bukanlah menyelesaikan tugas2nya pribadi melainkan berupaya membantu orang lain menyelesaikan tugas2 mrk dgn baik
q  Wujudnya dapat berupa koordinasi atas pekerjaan suatu kelompok dari departemen tertentu didalam perusahaan --- dpt pula berupa mengawasi pekerjaan individu tertentu
q  Misalnya pekerja kontrak atau para karyawan dari perusahaan pemasok (supplier) boleh jadi manajer memiliki tugas tugas yg tidak berkaitan dgn pengelolaan dan pengawasan pekerjaan orang lain.
q  Seorang kary non managerial mengerjakan secara langsung sebuah pekerjaan atau tugas dan tidak membawahi siapapun 
MANAGER TINGKAT ATAS
q  Para Manager yg berada didekat atau pada jenjang tertinggi di dalam struktur organisasi yg bertanggungjawab atas pengambilan keputusan yg mempengaruhi seluruh organisasi dan menetapkan sasaran dan rencana kerja bagi organisasi
q  executive vice president, president, managing director, chief operating officer, or chief executive officer.
MANAGER TINGKAT MENENGAH
q  Para manager yang menduduki posisi di antara jenjang terbawah dan jenjang teratas organisasi yang mengelola pekerjaan para manager lini pertama
q  regional manager, project leader, store manager, or division
supervisors or even shift managers, district managers, department managers, or office managers
MANAJER LINI
Para Manager di jenjang terbawah manajemen yang mengelola pekerjaan para karyawan non manajerial dan biasanya terlibat secara langsung atau tak langsung di dalam aktivitas memproduksi barang barang atau jasa untuk para pelanggan oraganisasi
supervisors or even shift managers, district managers, department managers, or office managers
Akan tetapi, tidak semua org dpt mencapai tujuan mrk dg menerapkan sistem mnj piramida tradisional ada juga org yg menerapkan penataan yg longgar, dmn pekerjaan dpt dilakukan klompok2 kary yg berbeda, yg dpt pindah dari projek satu ke projek lainnya sesuai dg tuntutan kebutuhan
Meskipun tidak begitu mudah untuk membedakan  mnager dg kary non manager di dlm organisasi semacam hal ini tetapi harus ada yg memainkan peran sbg manajer yaitu seseorang yg menjalankan tindakan koordinasi dan pengawasan thd pekerjaan orang lain bahkan jika “seseorang”itu bukanlah orang yg sama, seiring dgn pergantian proyek & tugas kerja 
APA MANAJEMEN
Aktivitas kerja yang melibatkan koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain sehingga pekerjaan tersebut dapat diselesaikan secara efisien dan efektif
EFISIENSI
“Melakukan pekerjaan secara tepat sasaran”
atau menghasilkan output sebanyak mungkin dari input sesedikit mungkin
EFEKTIVITAS
“Melakukan pekerjaan yang benar”
atau menyelesaikan aktivitas2 yang secara langsung yg mendorong tercapainya sasaran  organisasi
PERENCANAAN
Sebuah fungsi manajemen yang meliputi pendifinisian sasaran, penetapan strategi untuk mencapai sasaran dan pengembangan rencana kerja untuk mengelola aktivitas aktivitas
PENATAAN
Sebuah fungsi manajemen yang melibatkan tindakan tindakan penataan dan pengaturan berbagai aktivitas kerja secara terstruktur demi mencapai sasaran organisasi
KEPEMIMPINAN
Sebuah fungsi manajemen yang melibatkan interaksi dengan orang orang lain untuk mencapai sasaran organisasi
PENGENDALIAN
     Sebuah fungsi manajemen yang melibatkan tindakan tindakan pengawasan, penilaian, dan koreksi terhadap kinerja dan hasil pekerjaan
PERAN PERAN MANAJEMEN
Ø  Peran adalah tindakan tertentu atau perilaku yang diharapkan dari seorang manajer.
Ø  Henry Mintzberg mengelompokan SEPULUH PERAN dasar manajemen yang dapat dikelompokkan menjadi TIGA  :
q  PERAN JEMBATAN ANTAR PRIBADI
q  PERAN PENYAMBUNG INFORMASI
q  PERAN PENGAMBIL KEPUTUSAN

PERAN JEMBATAN ANTAR PRIBADI (INTER PERSONAL ROLES)
v  Panutan (Figurehead)
v  Pimpinan (leader)
v  Penghubung (liaison)
PERAN PENYAMBUNG INFORMASI (INFORMATIONAL ROLES)
u  Pengawas (Monitor)
u  Penyebar berita (Disseminator)
u  Juru bicara (Spokesperson)

PERAN PENGAMBIL KEPUTUSAN
(DECISIONAL ROLES)
Pengusaha/pelopor/pendobrak ( Entrepreneur)
Pengentas kendala ( Disturbance handler)
Pengalokasi sumber daya (Resource allocator)
Perunding (negotiator)
Inovasi
Melakukan hal-hal yang berbeda, menjelajahi wilayah baru, dan mengambil risiko
Manajer harus mendorong karyawan untuk menyadari dan bertindak atas peluang untuk inovasi.


No comments:

Post a Comment