Ø Menjelaskan Apa perbedaan manajer dan karyawan non
manajerial
Ø Menguraikan bagaimana kita mengklasifikasikan manager
dalam sebuah oragnisasi
APAKAH MANAJEMEN ITU
u menjelaskan difinisi manajemen
u menjelaskan mengapa efisiensi dan efektivitas
merupakan hal yang penting bagi manajemen
APA KERJA
MANAGER
q Menguraikan empat fungsi manajemen
q Menjelaskan peran peran manajmen yang digagas oleh
Mintzberg
q Menguraikan tiga keahlian utama manajemen menurut Katz
dan jelaskan bagaimana pentingnya masing masing keahlian ini untuk masing
masing jenjang manajemen
q Membahas perubahan perubahan yang mempengaruhi
pekerjaan seorang manager
q Menjelaskan mengapa pelayanan pelanggan2 dan innovasi
dipandang penting dalam pekerjaan
APAKAH
ORGANISASI ITU
q Menjelaskan karakteristik sebuah organisasi
q Menguraikan bagaimana organisasi masa kini
MENGAPA KITA
PERLU MEMPELAJARI MANAJEMEN
q Membahas mengapa mempelajari ilmu manajemen merupakan
hal yg penting
q Menjelaskan universalitas konsep manajemen
q Menguraikan berbagai imbalan dan tantangan yg dihadapi
seorang manajer
SIAPAKAH YANG
DISEBUT MANAGER
q Seseorang yang melakukan koordinasi dan pengawasan
terhadap pekerjaan orang lain demi mencapai sasaran sasaran organisasi
MENGAPA MANAGER PENTING DI DALAM ORGANISASI
u Organisasi masa kini sangat membutuhkan manajer untuk
mengelola di era yg penuh ketidak pastian, kompleks dan kacau
u Manager sangat menentukan
u Yg menentukan produktivitas dan kesetiaan kary
ditempat kerja bukan hanya :
ü besarnya upah/gaji
ü manfaat manfaat material
ü kondisi lingkungan kerja,
ü Melainkan KUALITAS HUB
KARYAWAN DG ATASAN LANGSUNGNYA (DIRECT LINE MANAGER)
SIAPAKAH YG DISEBUT MANAJER & BAGAIMANA KERJA
MANAJER
q Seseorang yang melakukan koordinasi dan pengawasan
terhadap pekerjaan orang lain demi mencapai sasaran sasaran organisasi
q Pekerjaan Manager bukanlah menyelesaikan tugas2nya
pribadi melainkan berupaya membantu orang lain menyelesaikan tugas2 mrk dgn
baik
q Wujudnya dapat berupa koordinasi atas pekerjaan suatu
kelompok dari departemen tertentu didalam perusahaan --- dpt pula berupa
mengawasi pekerjaan individu tertentu
q Misalnya pekerja kontrak atau para karyawan dari
perusahaan pemasok (supplier) boleh jadi manajer memiliki tugas tugas yg tidak
berkaitan dgn pengelolaan dan pengawasan pekerjaan orang lain.
q Seorang kary non managerial mengerjakan secara
langsung sebuah pekerjaan atau tugas dan tidak membawahi siapapun
MANAGER TINGKAT
ATAS
q Para Manager yg berada didekat atau pada jenjang
tertinggi di dalam struktur organisasi yg bertanggungjawab atas pengambilan
keputusan yg mempengaruhi seluruh organisasi dan menetapkan sasaran dan rencana
kerja bagi organisasi
q executive vice president, president, managing
director, chief operating officer, or chief executive officer.
MANAGER TINGKAT
MENENGAH
q Para manager yang menduduki posisi di antara jenjang
terbawah dan jenjang teratas organisasi yang mengelola pekerjaan para manager
lini pertama
q regional manager, project leader, store manager, or
division
supervisors or
even shift managers, district managers, department managers, or office managers
MANAJER LINI
Para Manager di
jenjang terbawah manajemen yang mengelola pekerjaan para karyawan non manajerial
dan biasanya terlibat secara langsung atau tak langsung di dalam aktivitas
memproduksi barang barang atau jasa untuk para pelanggan oraganisasi
supervisors or
even shift managers, district managers, department managers, or office managers
Akan tetapi,
tidak semua org dpt mencapai tujuan mrk dg menerapkan sistem mnj piramida
tradisional ada juga org yg menerapkan penataan yg longgar, dmn pekerjaan dpt
dilakukan klompok2 kary yg berbeda, yg dpt pindah dari projek satu ke projek
lainnya sesuai dg tuntutan kebutuhan
Meskipun tidak
begitu mudah untuk membedakan mnager dg
kary non manager di dlm organisasi semacam hal ini tetapi harus ada yg
memainkan peran sbg manajer yaitu seseorang yg menjalankan tindakan koordinasi
dan pengawasan thd pekerjaan orang lain bahkan jika “seseorang”itu bukanlah
orang yg sama, seiring dgn pergantian proyek & tugas kerja
APA MANAJEMEN
Aktivitas kerja
yang melibatkan koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain
sehingga pekerjaan tersebut dapat diselesaikan secara efisien dan efektif
EFISIENSI
“Melakukan
pekerjaan secara tepat sasaran”
atau
menghasilkan output sebanyak mungkin dari input sesedikit mungkin
EFEKTIVITAS
“Melakukan
pekerjaan yang benar”
atau
menyelesaikan aktivitas2 yang secara langsung yg mendorong tercapainya
sasaran organisasi
PERENCANAAN
Sebuah fungsi
manajemen yang meliputi pendifinisian sasaran, penetapan strategi untuk
mencapai sasaran dan pengembangan rencana kerja untuk mengelola aktivitas
aktivitas
PENATAAN
Sebuah fungsi
manajemen yang melibatkan tindakan tindakan penataan dan pengaturan berbagai
aktivitas kerja secara terstruktur demi mencapai sasaran organisasi
KEPEMIMPINAN
Sebuah fungsi
manajemen yang melibatkan interaksi dengan orang orang lain untuk mencapai
sasaran organisasi
PENGENDALIAN
Sebuah fungsi manajemen yang melibatkan
tindakan tindakan pengawasan, penilaian, dan koreksi terhadap kinerja dan hasil
pekerjaan
PERAN PERAN
MANAJEMEN
Ø Peran adalah tindakan tertentu atau perilaku yang diharapkan
dari seorang manajer.
Ø Henry Mintzberg mengelompokan SEPULUH PERAN dasar
manajemen yang dapat dikelompokkan menjadi TIGA
:
q PERAN JEMBATAN ANTAR PRIBADI
q PERAN PENYAMBUNG INFORMASI
q PERAN PENGAMBIL KEPUTUSAN
PERAN JEMBATAN
ANTAR PRIBADI (INTER PERSONAL ROLES)
v Panutan (Figurehead)
v Pimpinan (leader)
v Penghubung (liaison)
PERAN PENYAMBUNG INFORMASI (INFORMATIONAL ROLES)
u Pengawas (Monitor)
u Penyebar berita
(Disseminator)
PERAN PENGAMBIL KEPUTUSAN
(DECISIONAL ROLES)
Pengusaha/pelopor/pendobrak
( Entrepreneur)
Pengentas
kendala ( Disturbance handler)
Pengalokasi
sumber daya (Resource allocator)
Perunding
(negotiator)
Inovasi
Melakukan
hal-hal yang berbeda, menjelajahi wilayah baru, dan mengambil risiko
Manajer harus
mendorong karyawan untuk menyadari dan bertindak atas peluang untuk inovasi.
No comments:
Post a Comment