Monday, 11 January 2016
Struktur Kontrol Keputusan
Stuktur Kontrol #1
Keputusan
STMIK AMIKOM
YOGYAKARTA
Algoritma dan Pemrograman
Struktur Kontrol #1 – Keputusan
2 | P a g e
1. Tujuan
1. Dapat memahami struktur kontrol (if, if-else, if-else-if, switch) untuk memilih alur
blok yang akan dieksekusi.
2. Dapat membedakan penggunaan masing – masing struktur kontrol (antara if dan
switch)
2. Penjelasan
Bab ini membahas tentang kontrol terhadap alur program menggunakan struktur if, if-else,
if-else-if, dan switch. Struktur kontrol memungkinkan program untuk mengeksekusi blok
tertentu sesuai dengan kondisi yang ditentukan.
3. Percobaan
Program 4.1Membandingkan nilai
/*
* Program 4.1 cek.c
* demo struktur if
*
* membandingkan nilai
*
* Bayu Setiawan, 2007
*
#include <stdio.h>
int main(void) {
int a = 4;
// membandingkan apakah a bernilai 4
if(a == 4)
// jika benar maka:
printf("True");
return 0;
}
Program 3.2 Cek nilai grade
/*/*
* Program 4.2 grade.c
* demo struktur if-else
*
* mengecek grade nilai
*
* Bayu Setiawan, 2007
Struktur Kontrol #1 – Keputusan
3 | P a g e
*/
#include <stdio.h>
int main(void) {
int grade;
printf("Masukkan grade Anda: ");
scanf("%d", &grade);
// mengecek apakah grade lebih besar dari 50
if(grade > 50) {
// jika ya
printf("Grade Anda terpenuhi");
} else {
// jika tidak
printf("Grade Anda tidak terpenuhi");
}
return 0;
}
Program 4.3 Menebak nama
/*
* Program namaku.c
* menebak nama
*
* Bayu Setiawan, 2007
*
*/
int main(void) {
char namaku[25];
printf("Siapakah nama saya? ");
// fungsi gets() khusus digunakan untuk membaca string
gets(namaku);
// fungsi strcmp() digunakan untuk membandingkan 2 string
// jika hasil perbandingan sama dengan 0 maka kedua string
// adalah sama
if(strcmp(namaku, "Bayu Setiaji") == 0)
printf("Benar sekali...");
else
printf("Tebakan salah...");
return 0;
}
Struktur Kontrol #1 – Keputusan
4 | P a g e
Program 4.4 Konversi nilai angka ke huruf menggunakan if-else-if
/*
* Program 4.4 konversi.c
* demo struktur if-else
*
* konversi nilai angka ke huruf
*
* Bayu Setiawan, 2007
*/
#include <stdio.h>
int main(void) {
int nilai;
printf("-- Konversi Nilai --\n");
printf("Masukkan nilai angka: ");
scanf("%d", &nilai);
printf("Nilai huruf: ");
// membandingkan nilai menggunakan range tertentu
if(nilai > 85) {
printf("A");
} else if(nilai > 70) {
printf("B");
} else if(nilai > 50) {
printf("C");
} else if(nilai > 25) {
printf("D");
} else {
printf("E");
}
return 0;
}
Program 4.5 Konversi nilai angka ke huruf menggunakan switch
/*
* Program 4.5 konversi2.c
* demo struktur switch
*
* konversi nilai
*
* Bayu Setiawan, 2007
*/
#include <stdio.h>
int main(void) {
int nilai;
char huruf;
printf("-- Konversi Nilai --\n");
Struktur Kontrol #1 – Keputusan
5 | P a g e
printf("Masukkan nilai angka [0-10]: ");
scanf("%d", &nilai);
// mencari yang sesuai dengan case (selektor)
switch(nilai) {
case 10:
case 9:
huruf = 'A';
break;
case 8:
case 7:
huruf = 'B';
break;
case 6:
case 5:
case 4:
huruf = 'C';
break;
case 3:
case 2:
case 1:
huruf = 'D';
break;
case 0:
huruf = 'E';
break;
default:
// default digunakan bila tidak menemukan
// case (selektor) yang sesuai
huruf = '-';
}
printf("Nilai huruf: %c", huruf);
return 0;
}
Struktur Kontrol #1 – Keputusan
6 | P a g e
4. Latihan
1. Buatlah program untuk memeriksa apakah bilangan yang diinputkan termasuk ganjil
atau genap.
2. Buatlah program untuk menentukan bilangan terbesar dari 3 bilangan yang
diinputkan.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment